Langsung ke konten utama

Situs Belajar Coding Dapat Sertifikat Untuk Pekerjaan

Situs belajar bahasa pemrograman yang akan saya bagikan pada tulisan kali ini akan adalah situs yang bisa membuat anda mendapatkan pekerjaan dan yang pastinya materi dari situs yang saya pilih ini adalah materi yang berstandar internasional.


Situs Belajar Coding Dapat Sertifikat Untuk Pekerjaan

Kelebihan dari memilih courses online dari pada membaca ebook atau menonton video tutorial di youtube adalah kita akan mendapatkan sertifiat, diamana sertfikat tersebut bisa kita gunakan untuk mendapatkan pekerjaan, dan berita bagus bagi para freelancer yaitu adanya linkedin situs yang mempermudah pertemuan antara pencari pekerjaan dengan perekrut dari suatu perusahaan, disana kita bisa menambahkan sertifikat, pengalaman kerja, keahlian yang kita miliki dan masih banyak lagi, selain itu kita juga bisa print profil kita menjadi sebuah portofolio berbentuk file PDF. Dari pengalaman saya sendiri yaitu selain mendapatkan tawaran pekerjaan saya juga sering di mendapatkan client yang memesan untuk di buatkan suatu aplikasi dan itu sering menjadi pemasukkan bagi saya.

Namun untuk mendapatkan courses online yang memiliki materi dengan pembahasan mendalam kebanyakan tidak gratis, ini masuk akal karena materi yang di sediakan cukup berat atau membutuhkan moneter dan sumber daya manusia namun ada juga situs-situs yang menyediakan courses online dengan level yang sama dan gratis, itu semua tergantung dari mana si pembuat courses online-nya mengambil keuntungan.

Kumpulan Situs Untuk Courses Online Para Developer

  1. Udacity
    Adalah tempat kursus online yang di buat oleh Sebastian Thrun dan dua temannya (juni 2011), situs ini menyediakan kursus gratis yang sudah memliki ribuan pendaftar, materi yang di sediakan bukan sekedar materi biasa namun juga berkelas internasional, dimana semua alumni yang mengikuti kursus dari udacity memiliki skill yang bisa di gunakan di pasaran dan bukan hanya itu udacity juga memiliki banyak bekerja sama dengan perusahaan besar seperti google, udacity menyediakan banyak kelas dengan Gratis seperti kelas pengembangan aplikasi berbasis android, machine learning, data science, digital marketting, virtual reality, developer essentials dan masih banyak lainnya. (IAK) atau Indonesia Android Kejar merupakan suatu program belajar yang adakan oleh Google untuk meningkatkan kualitas para developer pemula di Indonesia dan menyediakan materi menggunakan udacity, selain itu Udacity adalah kursus yang disarankan oleh Stanford University untuk kelas computer science pada tahun rilisnya itu (2011).
  2. Coursera
    Jika udacity adalah situs yang di rekomdasikan oleh stanford university pada tahun 2011 maka Coursera adalah situs kursus online yang dibuat oleh dosen stanford university dan setelah coursera di rilis pada tahun 2012 berlansung. Princeton, Stanford, the University of Michigan dan University of Pennsylvania menawakan materi pertama di situs ini, Penawaran sejak itu diperluas hingga mencakup Spesialisasi atau kumpulan kursus yang membangun keterampilan dalam subjek tertentu, serta gelar dan produk pengembangan tenaga kerja untuk pebisnis dan organisasi pemerintah. anda bisa mengikuti kursus berasa seperti berkuliah di situs ini karena kelas yang tersedia tidak jauh dengan kelas-kelas kuliah pada biasanya. Pada awalnya coursera menyediakan kursus gratis namun skarang hanya tersedia 7 hari untuk merasakan free trialnya. 
  3. Datacamp
    Merupakan situs belajar untuk belajar yang berfokus pada backend programmer yang menyediakan kelas seperti data science, network analysis, deep learning, Supervised Learning, Data Manipulation, Statistical Thinking dan masih banyak lainnya. Kelas pada datacamp di batasi, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Ini cocok untuk para developer backend yang bermain dengan data dan saya rekomendasi untuk anda yang ingin menjadin para backend programmer.
  4. Codecademy
    Memberikan materi yang bisa di bilang waw, karena materi yang di berikan berupa hal-hal yang sangat cocok untuk level beginner sampai dengan advanced, disana juga disediakan forum yang memungkinkan anda terhubung dengan developer lainnya selain itu codecademy juga bisa membantu anda untuk memilih bahasa pemrograman yang cocok untuk programmer pemula yang tidak tau harus dari mana memulainya, beberapa materi langsung bisa di akses secara gratis namun untuk mendapatkan semua materinya anda harus meng-upgrade akun anda menjadi pro. 
  5. Thinkific
    Selain menyediakan kursus online anda juga bisa membuat kursus anda dengan materi yang anda buat sendiri dan ini dari sini anda juga bisa menghasilkan uang, untuk lebih jelasnya anda bisa coba langsung kesitusnya.
Mungkin segitu saja situs yang bisa saya jelaskan, namun bukan hanya itu saja yang ingin saya share di tulisan kali ini, berikut adalah situs belajar yang bisa anda explore lebih dalam oleh anda sendiri :
Tambahan untuk para blogger dan pengusaha :
Jika kamu seorang programmer pemula saya sarankan untuk belajar DASAR dari bahasa pemrograman javascript, C, dart, java, dan python. Jika kamu telah mempelajari dasarnya kamu akan tau banyak hal. yaitu seperti paradigma pemrograman dll. Dan itu cukup untuk membuat anda bisa memilih bahasa pemrograman sesuai yang anda sukai.

Masih banyak tempat lainnya yang belum saya tulis di artikel ini, nanti kedapannya akan saya update dan perjelas pada artikel ini untuk mempermudah anda memilih diamana yang cocok untuk anda. Terkait Artikel ini anda juga bisa menonton video berikut ini :


Saran jika anda ingin menjadi programmer mobile anda bisa baca artikel Mengenal Flutter Framework dari Google , dimana Framework tersebut bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi iOS dan Android dalam satu kode yang anda buat.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu API | 1 Belajar REST API Dengan Python Flask

Dalam sesi ini kita akan belajar cara membuat API menggunakan Flask, di perlukan sedikit dasar bahasa pemrograman python untuk mempermudah dalam mempelajari ini, dan jangan kawatir jika anda belum pernah  Belajar Flask  sebelumnya, karena pada tutorial kita akan membahas dari dasar. Flask ini framework yang sangat cocok digunakan untuk membuat suatu service yang kecil, dan ini telah banyak di gunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, anda bisa lihat  disini . Di saat saya menulis tutorial ini, pengembangan Flask sudah mencapai seperti berikut: Contributors :503 Commits : 3,5037 Ok, saya akan mulai dengan membahas apa itu API ? API (Application programming interface) - Mudahnya bisa di sebut sebuah service yang berfungsi untuk menghubungkan service antar service, contohnya frontend dan backend agar bisa bertukar data kita butuh yang namanya API Service, jadi kalau istilah lainnya ini bisa di sebut sebuah gerbang penghubung. Secara "garis besar" pekerjaan pr

Flutter Tutorial Indonesia | 1 Pendahuluan

Setelah rilisnya bahasa pemrograman Dart yang di kembangkan oleh google pada tahun 2011 kini bahasa tersebut sudah memiliki framework yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi moile yaitu untuk android dan ios sekaligus dalam satu waktu. Flutter juga digunakan sebagai framework utama dalam pengembangan aplikasi untuk OS Google Fuchsia. Tentang Flutter : Menggunakan Library Grafik Google Skia untuk mesin rendernya, alias tidak menggunakan bawan dari android atau iOS, dan ini yang membuat tampilan di android, iOS, atau desktop tetap sama. Semua UI adalah Widget Rendering Lebih Cepat Tidak hanya untuk membuat UI Flutter juga untuk menangani aliran data dan status data yang rumit dengan cara yang elegan dengan model Reactive. Dalam acara Google I/O 2018 menyatakan bahwa sekarang sudah menyediakan dokumentasi yang lengkap di flutter.dev dan anda bisa langsung belajar framework ini dari dokumentasi tersebut atau bisa mengambil courses di udacity atau tempat courses lainnya sep

Routing | 5 Belajar REST API Dengan Python Flask

Secara umum situs menyediakan beberapa link untuk bisa mengunjungi halaman pada websitenya, contoh pada situs facebook untuk melihat halaman profil linknya bisa  facebook.com/rhyanz46 , untuk melihat daftar yang kita simpan linknya  facebook.com/saved ,   proses pembuatan link ini bisa di sebut routing, tutorial kali ini kita akan belajar routing di flask. Sebenarnya pada tutorial sebelum-nya kita sudah menggunakan route, namun disini saya akan menjelaskan beberapa hal lagi seputar routing. URL secara umum di bagi menjadi dua sifat yaitu dinamis dan statis URL Statis  adalah url yang berfungsi untuk menampilkan suatu halaman dengan jenis data yang berbeda dengan halaman yang lainnya, seperti di suatu website kita ketahui ada halaman about, home, privacy and policy, dll. Contoh, sebut saja situs anda adalah ariansaputra.com  dan anda ingin membuat halaman 'about' dengan url  ariansaputra.com/about  , seperti tutorial sebelumnya kita bisa membuatnya dengan cara: URL d