Langsung ke konten utama

Konfigurasi | 3 Belajar REST API Dengan Python Flask

Kita sudah membuat aplikasi simple menggunakan flask yang menamplikan suatu kalimat di browser pada tutorial sebelumnya, di tutorial tersbut saya tidak menjelaskan langkah 3.3, dan pada postingan ini kita akan belajar konfigurasi pada flask yang di maksud dari langkah 3.3 tersebut.

Konfigurasi Default ( Konfigurasi Bawaan )

Secara umum, aplikasi flask yg kita gunakan berjalan dengan konfigurasi-konfigurasi default, ada banyak konfigurasi default dan disini hanya 3 saja yg di bahas :

1. DEBUG

Fitur ini defaultnya bernilai False yg berarti tidak aktif, debug diaktifkan ketika kita ingin menampilkan error jika terjadi kesalahan pada kode, contohnya :
Gambar 1.1 : contoh kode error
disana terdapat kodingan error yang bergaris bawah warna merah, jika kita pergi ke route yg ada disana maka akan menampilkan pesan error seperti gambar di bawah ini:
Gambar 1.2 : Pesan Error
Fitur ini cocok di aktifkan ketika program kita di jalankan di saat pengembangan saja, gunanya untuk mempermudah pencarian kode yang error.

Jika kita aktifkan fitur ini di production, maka user akan bisa melihat error ini, yg mengakibatkan bug atau celah dari serangan hacker, oleh karena itu, fitur ini digunakan hanya pada saat pengembangan saja.

Jika kita tidak mengaktifkan fitur ini, maka server hanya akan meresponse dengan kode 500 jika terjadi error, seperti berikut :
Gambar 1.3 : Error Handled
Dengan ini tidak akan membuat kodingan yg salah bisa dilihat oleh user. Kita bisa lihat fitur ini aktif atau tidak dengan melihat terminal pada saat menjalankan aplikasi flask, debug mode on /off:

Satu lagi nih yang mau saya jelasin, normalnya kamu perlu me-restart aplikasi flask secara manual ketika kamu melakukan perubahan pada kode, jika kamu mengaktifkan mode ini maka di saat kamu mengubah kodingan akan secara otomatis me-reload kodingan anda, silahkan di coba :) .

2. PERMANENT_SESSION_LIFETIME

Fitur ini berfungsi untuk mengatur berapa lama semua session yg berada pada aplikasi flask kita, misalnya satu hari atau dua hari atau satu bulan, session ini umumnya digunakan untuk mengecek apakah user sudah login atau belum, default dari ini adalah timedelta(days=31)

3. SECRET_KEY

Untuk bisa menggunakan session dari flask kita harus mengatur settingan secret_key , settingan default pada SECRET_KEY adalah None, anda bisa menggunakan string apa saja disini sebagai secret key.

Cara Konfigurasi Flask

Dari tutorial sebelumnya kita meng-instance kelas flask ke suatu variabel yang bernama app, dari variabel ini meng-akses properti yang ada didalam kelas flask. Terdapat properti yang bernama config di dalam kelas flask yang bisa kita akses dengan cara app.config, properti tersebut menyimpan semua konfigurasi, dan untuk mengubah konfigurasi kita bisa langsung mengubah properti ini. 

Untuk mengubah nilai konfigurasi kita cukup mengubah nilai yang berada di dalam properti tersebut, ada banyak cara untuk bisa mengubah nilainya, flask sudah menyediakan beberapa method yang mempermudah kita untuk mengubah nilai tersebut, namun disini saya hanya akan membahas tiga method saja: 

1. Mengubah Properti Config Secara langsung

properti config yang berada disana merupakan sebuah object list yang bisa kita ubah seperti object list pada umumnya.

2. from_mapping

3. from_object


Tambahan

Kita bisa melihat konfigurasi yang ter-set disana dengan cara menampilkan nilai app.config  :
print(app.config)
untuk lebih jelasnya anda bisa melihanya di https://flask.palletsprojects.com/en/1.1.x/config/

Sekian, dan terimakasih

next : env konfigurasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Situs Belajar Coding Dapat Sertifikat Untuk Pekerjaan

Situs belajar bahasa pemrograman yang akan saya bagikan pada tulisan kali ini akan adalah situs yang bisa membuat anda mendapatkan pekerjaan dan yang pastinya materi dari situs yang saya pilih ini adalah materi yang berstandar internasional. Kelebihan dari memilih courses online dari pada membaca ebook atau menonton video tutorial di youtube adalah kita akan mendapatkan sertifiat, diamana sertfikat tersebut bisa kita gunakan untuk mendapatkan pekerjaan, dan berita bagus bagi para freelancer yaitu adanya linkedin situs yang mempermudah pertemuan antara pencari pekerjaan dengan perekrut dari suatu perusahaan, disana kita bisa menambahkan sertifikat, pengalaman kerja, keahlian yang kita miliki dan masih banyak lagi, selain itu kita juga bisa print profil kita menjadi sebuah portofolio berbentuk file PDF. Dari pengalaman saya sendiri yaitu selain mendapatkan tawaran pekerjaan saya juga sering di mendapatkan client yang memesan untuk di buatkan suatu aplikasi dan itu sering menjadi

Flutter Tutorial Indonesia | 1 Pendahuluan

Setelah rilisnya bahasa pemrograman Dart yang di kembangkan oleh google pada tahun 2011 kini bahasa tersebut sudah memiliki framework yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi moile yaitu untuk android dan ios sekaligus dalam satu waktu. Flutter juga digunakan sebagai framework utama dalam pengembangan aplikasi untuk OS Google Fuchsia. Tentang Flutter : Menggunakan Library Grafik Google Skia untuk mesin rendernya, alias tidak menggunakan bawan dari android atau iOS, dan ini yang membuat tampilan di android, iOS, atau desktop tetap sama. Semua UI adalah Widget Rendering Lebih Cepat Tidak hanya untuk membuat UI Flutter juga untuk menangani aliran data dan status data yang rumit dengan cara yang elegan dengan model Reactive. Dalam acara Google I/O 2018 menyatakan bahwa sekarang sudah menyediakan dokumentasi yang lengkap di flutter.dev dan anda bisa langsung belajar framework ini dari dokumentasi tersebut atau bisa mengambil courses di udacity atau tempat courses lainnya sep

Flutter Tutorial Indonesia | 3 Aplikasi Pertama

Dalam sesi ini kita akan membuat aplikasi sederhana sebagai pembukaan dari beberapa tutorial yang akan disampaikan pada blog ini, sebagai dasar pemahaman pada pembahasan ini kita juga akan belajar mengenai struktur dasar dari project flutter. jika anda masih ragu dengan flutter, silahkan baca ini  https://flutter.dev/docs/resources/technical-overview Oke, sebelum membuat project baru, pastikan flutter sdk sudah siap digunakan, untuk mengaturnya anda bisa melihat pada tutorial sebelumnya. 1.Langkah Pertama : Membuat project baru untuk membuat project baru di terminal cukup ketik : flutter create namaaplikasi setelah project jadi, anda akan melihat beberapa kode yg disediakan sebagai contoh aplikasi sederhana dari flutter. 2. Pembahasan mengenai kode Sekarang anda mungkin penasaran dari mana proses awal aplikasi itu dijalankan. . ? Pada aplikasi flutter, file main.dart yang terletak pada folder lib merupakan file dart yang pertama kali di eksekusi, dan akan langsung me